Kamis, 08 Maret 2012

Hadirkan Hiu-Hiu Kecil dalam Kehidupan Kita

Ada sebuah kisah tentang nelayan Jepang yang berusaha mempertahankan kesegaran ikan tangkapannya.
Para nelayan ini harus mencari ikan-ikan di tengah lautan, ya, karena ikan-ikan yang ada di tepian pantai sudah mulai jarang dan sedikit. Namun yang terjadi ikan-ikan yang sudah mereka tangkap tidak disukai oleh konsumen. Kurang segar, begitulah ujar konsumen. 

Nelayan-nelayan itu pun mulai berfikir untuk mencari cara agar ikan-ikan yang telah ditangkap tetap segar sampai di darat. Kemudian merekapun membawa tangki-tangki besar bersamaan dengan kapal mereka. Merekapun memasukan ikan-ikan yang tertangkap ke dalam tangki, tentunya tangki itu suadah diisi air terlebih dahulu hingga ikan-ikan yang ditangkap bisa hidup dengan harapan ketika sampai di darat tetap segar. Alhasil usaha yang mereka lakukan juga gagal. Ikan-ikan yang ada di tangki lemas. Ikan-ikan itu saling berhimpitan dan bertabrakan. Konsumenpun tidak suka terhadap ikan-ikan yang lemas.

Nelayan-nelayan itupun kemudian berfikir lagi. Akhirnya mereka menemukan cara yang unik. Mereka masih tetap membawa tangki-tamgki besar ke tengah laut. Tangki-tangki itu kemudian diisi air yang kemudian dimasukan ikan-ikan hasil tangkapan setengah dari kapasitas tangki tersebut. Kemudian nelayan-nelayan itu memasukan hiu-hiu kecil ke dalam setiap tangkinya. Ikan hiu kecil tersebut memang memakan ikan-ikan kecil dalam tangki, namun tidak semua. Sementara ikan-ikan lainnya dikejar-kejar oleh ikan hiu kecil tersebut. Alhasil, ikan-ikan tersebut masih segar ketika sampai di darat karena mereka terus bergerak dikejar oleh hiu kecil. Konsumen pun dapat memakan ikan segar hasil tangkapan nelayan.


Setiap kita pasti akan bertemu dengan tantangan dan masalah. Ketika kita tidak mau menerima tantangan dan tidak mau meyelesaikan masalah kita tidak akan pernah matang dalam menjalani kehidupan. Seorang anak yang segala fasilitasnya dipenuhi oleh orang tuanya, kadang mentalnya rapuh. Seorang pekerja yang hanya menjalankan rutinitas kerjanya saja, tidak akan pernah meningkat kemampuannya. 

Maka marilah mencari tantangan, selesaikanlah masalah. Keluarlah dari zona nyaman kehidupan kita. Hadirkan hiu-hiu kecil dalam diri kita, hingga kita dapat bergerak dan terus bergerak, dinamis dan optimis dalam mengejar semua impian. Orang-orang yang sukses adalah orang-orang yang bersemangat mencari tantangan dan bergembira ketika menyelesaikan masalah.

Semangat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar